Selasa, 08 November 2016

Manfaat Dibalik Nikmatnya Coklat

Bagi sebagian orang, cokelat sudah menjadi gaya hidup yang mempengaruhi aktivitasnya. Bahkan, beberapa seremonial menggunakan cokelat sebagai ciri khasnya. Tidak hanya itu, cokelat juga sering menjadi “perwakilan” untuk mengungkapkan rasa kasih sayang.
Tidak kalah pentingnya, cokelat telah dikenal sejak lama sebagai pangan fungsional karena manfaatnya bagi kesehatan. Komoditas ini mengandung berbagai senyawa flavonol seperti epikatekin, katekin, dan procyanidins –yang memiliki aktivitas antioksidan. Kemampuannya dalam menetralkan radikal bebas bermanfaat dalam meminimalkan berbagai macam risiko penyakit, di antaranya stroke, kanker, penuaan dini, dan lainnya.
Manfaat Dibalik Nikmatnya Coklat
Add caption

Cokelat memiliki manfaat dan khasiat yang ditimbulkan dari antioksidan dan senyawa lain didalamnya. Berikut beberapa khasiat mengonsumsi cokelat :
1.      Mengurangi resiko kanker : dari penelitian, cokelat dapat menghambat pembelahan sel kanker dan mengurangi peradangan.
2.      Menurunkan tekanan darah : selain kandungan cokelat yang dapat membuat mood lebih baik, cokelat ternyata mampu menurunkan tekanan darah.
3.   Membuat awet muda : cokelat mengandung zat antioksidan yang mampu memperlambat penuaan yang artinya menjadikan awet muda. Konsumsi cokelat secara teratur juga dapat mengurangi keriput dan melindungi kulit dari terbakar sinar matahari

4.    Menghilangkan stress : cokelat juga dianggap sebagai salah satu makanan yang dapat mengusir stress. Menurut penelitian di Universitas California, penderita stress mulai tingkat stress ringan hingga tingkat depresi, dapat merasa nyaman dengan mengkonsumsi cokelat. Beberapa kandungan cokelat seperti caffeine, theobromine, methyl-xanthine dan phenylethylanine dipercaya dapat memperbaiki mood dan mengurangi kelelahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar